• -
  • purwakartaedufest@gmail.com
  • Purwakarta

Lebih Baik Kuliah Diploma atau Sarjana, sih?

Edufriends tau gak sih Diploma itu apa? Sarjana itu apa?

Kuliah Diploma atau Sarjana itu yang wajib kalian pertimbangkan dalam menempuh perguruan tinggi loh edufriends. Karna hal ini akan menentukan tujuan jangka panjang dari pendidikan kalian, apakah kalian sebaiknya memilih program kuliah diploma atau sarjana.

 Selama ini program Diploma masih dipandang sebelah mata. Para siswa cenderung mengejar gelar sarjana. Terdapat perbedaan di antara kedua program pendidikan itu dan masing masing memiliki tujuan dan kekuatan berbeda.

  • Pendidikan vokasi, yaitu pendidikan tinggi yang diarahkan untuk memiliki keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan diploma (D1/Ahli Pratama, D2/Ahli Muda, D3/Ahli Madya, dan D4/SarjanaTerapan yang setara dengan program pendidikan S1)
  • Pendidikan Profesi/Spesialis, yaitu pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan mahasiswa untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Lulusan pendidikan profesi akan mendapatkan gelar profesi.

Untuh Edufriends pendidikan tinggi yang bisa kalian pilih adalah pendidikan akademik dan pendidikan vokasi, bedanya kalo pendidikan akademik lebih memfokuskan pembelajaan dalam hal-hal terkait dalam penelitian dan inovasi sebagai bentuk pemecahan masalah dalam bidang jurusan tertentu.

Sedangkan pendidikan vokasi lebih memfokuskan pembelajaran pada peningkatan kemampuan siap kerja dalam bidang jurusan tertentu.


Vokasi dan Promosi keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, itulah sebabnya pendidikan akademik tidak lebih bagus dari pendidikan vokasi, atau pun sebaliknya.

Kedua jurusan pendidikan ini harus disesuaikan dengan  kebutuhan edufriends dan aspirasi edufriends dimasa depan.

1. Diploma Satu (D1)


Edufriends tau gak sih kalo masa belajar pendidikan D1 terbilang singkat, hanya satu tahun saja, dengan mengedepankan keterampilan siap kerja. Selama dua semester, mahasiswa D1 mendapatkan 32 Satuan Kredit Semester (SKS). Saat kuliah, mahasiswa dipersiapkan untuk menguasai satu kemampuan atau skill tertentu. Lulusan D1 akan mendapatkan gelar A.P. atau disebut Ahli Pratama dengan kualifikasi tenaga terampil di dunia kerja.

2. Diploma Dua (D2)

Kalau program D2, mahasiswa akan menempuh masa belajar selama dua tahun atau empat semester. Dengan perolehan SKS sebanyak 64 SKS. Teori dan praktik yang didapatkan pada jenjang pendidikan D2 tentunya akan lebih banyak dibandingkan D1. Mahasiswa sama-sama dibekali untuk menguasai kemampuan atau skill tertentu. Sederhananya, perbedaan paling signifikan antara D1 dan D2 hanya masa tempuh belajarnya saja. Lulusan D2 akan mendapatkan gelar A.Ma atau Ahli Muda.

3. Diploma Tiga (D3)

Dibandingkan dengan jenjang pendidikan sebelumnya, yang satu ini cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa. Masa tempuh belajarnya selama 3 tahun dengan perolehan 112 SKS. Syarat kelulusannya meliputi penyelesaian praktik kerja dan laporan karya ilmiah. Hal ini tidak jauh berbeda dengan jenjang D1 dan D2. Kelak, lulusannya akan mendapat gelar A.Md. atau Ahli Madya.

4. Diploma Empat (D4)

Jenjang pendidikan yang satu ini kerap disamakan dengan program sarjana. Lulusannya pun disebut sarjana terapan. Tak jauh berbeda dengan S1, masa tempuh belajarnya membutuhkan waktu empat tahun dengan menyelesaikan 144 SKS. Bedanya, program D4 lebih mempelajari ilmu praktik atau ilmu terapan. Seperti halnya program diploma yang lain, menyelesaikan kerja praktik dan laporan karya ilmiah menjadi syarat kelulusan bagi mahasiswa D4. Dan kelak lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Sains Terapan atau S.ST.

5. Strata 1/Sarjana (S1)

Nah, kalau Jenjang pendidikan tinggi program sarjana mempelajari hal-hal yang sifatnya teoritis. Kebanyakan lulusannya lebih unggul dalam penguasaan teoritis dibandingkan terapan. Meskipun pada praktik ajarnya, tetap ada praktik pada bidang yang ditekuni. Masa tempuh belajarnya dibutuhkan waktu selama 4-6 tahun, dengan menyelesaikan 144-160 SKS. Namun pada kenyataannya, banyak pula mahasiswa S1 yang lulus sebelum atau melebihi masa ajar. Lulusan S1 kelak akan mendapat gelar Sarjana yang diawali dengan huruf “S” dan diikuti dengan kode singkatan dari bidang ilmu yang ditekuni.

Nah Edufriends udah pahamkan perbedaan D1,D2, D3,D4, dan S1?

Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu Edufriends untuk memilih jurusan dan kampus impian yang sesuai dengan minat Edufriends.

sumber:

https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/12/16022411/mengenal-perbedaan-program-s1-dan-d4
https://rencanamu.id/post/panduan-persiapan-kuliah/persiapan-masuk-pendidikan-vokasi/apa-bedanya-kuliah-pendidikan-vokasi-diploma-dengan-akademik-sarjanahttps://www.google.com/search?client=firefox-b-d&q=perbedaan+sarjana+dan+diploma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *